Dukun?!

Assalamu’alaikum…

Alhamdulillah,kali ini akhirnya redaksi berani juga untuk membuat sebuah artikel. (walaupun materinya masih ngambil dari ceramah-ceramah juga) tapi setidaknya bisa menambah keragaman isi dari blog ini bukan?hehe

Pada kesempatan kali ini,ane mau ngebahas sebuah masalah yang sedikit nyerempet-nyerempet hal mistik dan horror, yaitu…( jeng jeng jeng) serba-serbi perDUKUNan.

Lanjuuuut.. Sebelumnya kalian tau ga sih apa itu dukun? (Tau kaaak!) Apa coba? (Dukun tuh ahli sihir kak. Bisa ngeramal,nebak nasib,nyantet,bikin susuk dan kawan-kawan lainnya deh kaak!) Wih tau bener,pernah ya?hehe (bukan pernah kak,tapi mantan) ?_?

Oke,mungkin secara umum,kita mengenal dukun sebagai seseorang yang berjanggut hitam puaaaaanjaaaaang dan berpakaian serba hitam (mau ziarah kak?). Bukaaan -,- tapi dresscode nya emang gitu kayaknya,hehe. Dan juga kita mengenal dukun dengan berbagai macam kemampuannya yang tidak lazim untuk dimiliki oleh manusia biasa sehingga disebut-sebut pula sebagai paranormal. (Hah? Ga normal?) -__-“
Iya aja deh ya...

Tapi,tau ga sih (ngga kak). -__- Um,kamu diem dulu ya dik..

Tahukah kamu karakteristik seorang dukun dalam pandangan ISLAM??
Di dalam pandangan ISLAM,seorang dukun ga perlu pake dresscode macem-macem yang menunjukkan dirinya dukun dan juga ga perlu pake nama-nama aneh sampai ga ada yang pinter sama sekali,hehe. Cukup dengan ciri-ciri di bawah ini,mereka sudah termasuk dukun dan syirik namanya jika kita mempercayai apa-apa yang dikatakannya dengan menyangkutpautkannya pula dengan karakteristik para paranormal itu.

Ciri-ciri dukun (suara Doraemon) pada intinya hanyalah bagi mereka yang mengetahui hal-hal gaib (such as nasib,jodoh,keuangan atau aneh-aneh lainnya deh yang biasa kita liat di tipi yang pake reg-reg an itu loooh). Tapi ga dalam kejadian kayak yang disebut diatas doang looh. Bisa juga dalam masalah medis ataupun astrologi. (loh kok medis kak?) Yup,karena seperti yang kita ketahui,ada beberapa pengobatan alternatif yang seperti menyentuh hal gaib. (maksudnya kak?) Contohnya begini,kamu misalnya sakit kan terus kamu mendatangi sebuah tempat pengobatan alternatif. Lalu setelah kamu di dalam bertemu dengan bapak “itu“,tanpa basa-basi bapak itu menyuruh kamu tiduran lalu dengan melayang-layangkan tangannya di atas badan kamu dan secara tiba-tiba dia menebak penyakit kamu. Dalam ISLAM,yang namanya “menerawang“ itu sudah termasuk menyentuh hal gaib yang tidak mungkin diketahui oleh manusia biasa kecuali jika ia bekerja sama dengan jin.

Masih bingung ya? (iya kak). Um,gini deh,terkadang kan ada juga yang pengobatan alternatif gitu nyuruh kita kalo mau sembuh misalnya “Kamu harus mandi dengan air dari 7 sumber dilengkapi kembang 7 rupa serta kamu harus mandi pada tanggal 7 dan jam 7 malam. (semuanya aja kak 7,sekalian mandi tanggal 7 bulan 7 tahun 7777,hahaha) Nah,bagi mereka yang menggunakan akalnya,pasti akan terlihat lucu kan kalau kita mempercayai hal itu? Iya ndak? (iya kak).

( Tapi kak,kalau misalnya mereka sembuh gimana kak?) Um,gini ya,menurut Ibnu Taimiyah,untuk urusan sembuh atau ngga dengan boleh atau ngga itu gabisa disamakan. Terkadang kita menggunakan kata “sembuh“ sebagai pembelaan atas perbuatan kita. Padahal jelas-jelas kita sudah melakukan hal yang salah namun kita malah berusaha membenarkan hal yang kita lakukan itu.

(Lalu,kalau misalnya masalah ke dukun nebak nasib gitu gimana kak?) Um,menurut salah seorang ulama besar terdahulu,manusia yang telah membuat perjanjian dengan jin maka jiwanya telah tercampur dengan jin tersebut dan seluruh tubuhnya mengandung jin tersebut. Dan jika dilihat dari surat Al-Jin pula,ulama ini menyimpulkan bahwa seorang dukun harus menyemburkan ludah mereka kepada obyeknya agar kemampuan mereka terlihat ampuh yang padahal,ludah mereka pun telah dimasuki oleh jin tersebut. Dan sebenarnya itu membuat kita menjadi kemasukan jin tersebut. Oleh karna itu,dalam ISLAM,seseorang yang dengan sengaja mendatangi dukun walaupun untuk iseng saja,maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari. Dan apabila ia datang dengan sengaja dan meyakini apa yang dikatakan oleh dukun tersebut,maka hukumnya kufur.

(iih,ngeri bgt kak..) Makanya,kalian jangan pernah sekalipun percaya dengan yang namanya dukun. Karena sesungguhnya,mereka diberitahukan oleh para jin dari yang mencuri dengar dari Lauh Mahfudz dan menambahkan seribu kebohongan bersamanya.

Dan janganlah kalian menggantungkan harapan kalian kepada makhluk,karena sesungguhnya,mereka pun akan mengalami nasib yang sama seperti kita dan mereka tidak memberikan manfaat apa-apa kepada kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Dukun?!"

Posting Komentar