Sholat Jum'at Yuk..... di Capitol Hill !

Washington (SuaraMedia News) - Sejarah baru terukir di Capitol Hill, tempat Barack Hussein Obama dilantik sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Puluhan ribu umat Islam di AS melakukan sholat Jum'at di tempat itu.

Kepala Masjid Darussalam, Hassan Abdullah Esq, menyatakan, persepsi masyarakat AS terhadap citra muslim tidak terlalu baik. "Cara yang lebih baik untuk menunjukkan Islam adalah dengan mengumpulkan umat Muslim secara massal dan berdoa secara damai," kata Hassan Abdullah Esq. kepada IslamOnline.net

Abdullah mendapat ide untuk melaksanakan sholat Jum'at di Capitol Hill seusai menonton presiden Barack Obama berpidato tentang sejarah umat Islam di Kairo. Kemudian, Abdullah membahasnya bersama rekannya, Imam Muhammad Abdul Malik. Keduanya pun tergerak untuk melakukan sesuatu dalam skala besar.

Menurut Abdullah, berdoa dengan damai secara bersama-sama merupakan cara yang paling efektif untuk mengenalkan Islam di negeri Paman Sam itu. Fokus acara ini adalah doa dan kekhusyukan beribadah. Panitia pelaksana kegiatan ini mengundang Syekh Ahmed Dewidar, imam masyarakat Mid-Manhattan, dan Syekh Mohamed Jebril, qari terkemuka untuk membaca Al-Qur'an.



Syekh Ahmed Dewidar menyatakan, dalam sholat Jum'at di tempat Kongres AS itu, pihaknya tidak membicarakan politik. "Kami hanya berkonsentrasi beribadah kepada Allah SWT. Kami menginginkan agar masyarakat Amerika dapat menyaksikan dan mengenali sikap umat Islam", kata Syekh Dewidar yang pernah berdiri bersama presiden George W. Bush dan mantan Sekjen PBB Kofi Anan di Ground Zero untuk mengutuk serangan 9/11.

Sejumlah blog/website, tokoh agama, serta pakar politik AS memuji upaya Muslim tersebut. Kolumnis Washington Post, Michael Kessler, menyatakan, ide sholat Jum'at dan doa bersama adalah ide yang bagus dalam dunia yang penuh bekas luka ini. "Umat Muslim berdoa untuk kesejahteraan mereka, masyarakat AS, dan umat manusia di dunia ini secara umum," ungkap Kessler.

Abdullah berharap, semua orang Amerika dapat melihat keanekaragaman yang indah dalam Islam dan melihat bagian terpenting dari Islam yang berkaitan dengan spiritualitas dan tauhid. "Kami ingin mereka melihat keanekaragaman dan kesetaraan umat dalam Islam," tegas Abdullah.

Dikutip dari http://www.suaramedia.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Sholat Jum'at Yuk..... di Capitol Hill !"

  1. Aditya Indra says:
    3 Februari 2010 pukul 07.58

    aslmualaikum...
    buat yg ngurus blog ini, bs minta dibuatin tempat penilaian posting gak? yang biasanya ada di bagian akhir dari postingan?
    ane mau ngelike postingannya jd gak bs nih..
    syukron..

Posting Komentar