Fanatik ?! Bagus ga sih?

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini,ada beberapa hal yang ingin saya bahas sebenarnya,tapi marilah kita mulai dari topik yang satu ini dulu,yaitu FANATIK.

FANATIK? Sebenarnya apa sih FANATIK itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,kata fanatik itu berarti teramat kuat kepercayaan (keyakinan) thd ajaran (politik, agama, dsb) atau kita biasa mengenalnya dengan sebutan “nge-fans”.

Lalu,apa yang salah dari fanatik itu sendiri? Masalah dari fanatik sebenarnya akan kembali kepada masing-masing individu lagi. Coba saja misalnya kalau kita melihat berita beberapa bulan yang lalu ketika artis anyar dari Amerika Serikat,Justin Bieber menggelar konser di Indonesia. Apa yang terjadi? Banyak para anak gadis tanggung yang seakan menjadi “gila” karena kedatangan artis tersebut. Sedangkan kalau ditilik kembali,seandainya kita mengidolakan sesuatu maka alangkah baiknya jika kita pun mengetahui bibit,bebet dan bobot nya (minimal latar belakang idola kita tersebut ataupun hal-hal baik apa yang dapat ditiru). Mengapa minimal kita mengetahui latar belakang idola kita tersebut? Barangkali saja idola kita itu dulunya adalah seorang yang pernah melakukan tindakan tidak terpuji ataupun lainnya sedangkan saat ini,kita hanya dapat mengaguminya saja akibat (misalnya) suaranya yang bagus atau yang paling sering terjadi karena dia tampan. (Terima kasih :D ) Bukan elooo!!

Eit,tunggu dulu,ada satu buah hal penting yang harus dipisahkan dengan jelas batasannya. Yup,antara “nge-fans” dengan “mengagumi” itu memang beda tipis. Kalo dari penafsiran saya sendiri,jikalau kita nge-fans terhadap seseorang,maka kita akan mengikuti hal baik yang orang tersebut miliki dan lakukan. Namun jika hanya sebatas mengagumi,kita hanya bisa menikmati dan kagum saja terhadap orang itu karena kemampuan yang kita miliki sudah pasti tidak akan bisa menyamai apa yang telah ia raih.

Oke,itu tadi dari segi penafsiran saya. Kalo menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mengagumi itu berarti tercengang/takjub akan hal tertentu. Sedangkan nge-fans dalam KBBI memiliki bentuk lain sebagai “memfanatiki” yang berarti meyakini (ajaran, kepercayaan, dsb) dengan teramat kuat.

Masalahnya adalah dalam cara kita memandang sesuatu. Ketika kita sudah terlalu fanatik akan suatu hal,maka kita akan selalu berusaha membuat sebuah “pembenaran” dan “pembelaan” atas apa yang kita yakini. Dan itu akan membuat daya jelajah pemikiran anda akan semakin sempit. Hal ini dikarenakan dunia anda hanyalah sebatas pada apa yang anda yakini dengan sangat kuat. Dan sekalipun yang anda yakini itu melakukan kesalahan,maka anda akan menutup mata anda dan menganggap bahwa itu hanyalah sebuah kesalahan biasa. Dan semakin lama pun dunia anda hanya akan dipenuhi dengan bagaimana “sesuatu” itu menguasai seluruh kehidupan anda. Dan orang yang fanatik,biasanya cenderung mengulang-ulang apa yang baik dari “hal itu” agar orang lain melupakan kesalahan ataupun kekurangan yang dimiliki oleh “hal itu”.

Setelah kita melihat dan mengetahui makna dari kata fanatik seperti yang tercantum diatas dan juga kita melihat karakteristik orang yang fanatik serta kerugiannya,ada baiknya jika kita dapat lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan ini ke depannya. Karena satu hal yang pasti,sesuatu yang berlebihan itu sangatlah tidak baik bagi diri kita sendiri. Contohnya karena mencintai berlebihan,maka timbul perasaan GALAU (curhat ya?). Atau jika kita meyakini sesuatu secara berlebihan sebagai sumber kebahagiaan kita,maka saat kita tidak dapat meraihnya kita akan mengalami depresi dan tak jarang banyak yang bisa menjadi hilang kesadarannya a.k.a gila. Bahkan beribadah secara berlebihan pun tidak dianjurkan dalam agama..Hiiii,,ceyeeem ._.

Sooo,,marilah kawan kita berusaha untuk menjaga hati dan menata diri kita agar kita senantiasa terjaga keseimbangan antara pikiran,perbuatan dan keimanan supaya kita dapat terus bertahan mengarungi luasnya samudra kehidupan yang tak bertepi ini :D.

Wassalam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Fanatik ?! Bagus ga sih?"

Posting Komentar